kopypasti.blogspot.com

contoh iklan banner

LightBlog

Breaking

Post Top Ad

Hosting Unlimited Indonesia

download boost CPA

Thursday 26 July 2018

Biografi sejarah tentang liga 1 (go-jek liga 1)

#BACA SAMPAI SELESAI...


Liga 1

Kasta tertinggi liga sepak bola Indonesia
Liga 1 (GO-JEK Liga 1 untuk alasan sponsor), sebelumnya bernama Indonesia Super League(bahasa IndonesiaLiga Super Indonesia) adalah liga profesional level teratas dalam Sistem liga sepak bola di Indonesia. 18 klub bersaing untuk menjadi juara dengan sistem kompetisi promosi dan degradasi.
Liga 1
Go-Jek Liga 1.jpg
Negara Indonesia
KonfederasiAFC
Dibentuk2008 (sebagai ISL)
2017 (sebagai Liga 1)
Musim perdana2008
Jumlah tim18
Tingkat pada piramida1
Degradasi keLiga 2
Piala internasionalLiga Champions Asia
Piala AFC
Juara bertahanBhayangkara FC (gelar pertama)
Klub tersuksesPersipura Jayapura (3 gelar)
Stasiun televisi
penyiar
IndosiarO ChanneltvOne dan OrangeTV
Situs webliga-indonesia.id
 Liga 1 2018
PT Liga Indonesia Baru adalah operator resmi Liga 1 dengan masing-masing 18 klub peserta sebagai pemegang saham utamanya. Liga berlangsung dalam satu tahun (kalender) penuh sejak Maret sampai dengan November. Total 34 pertandingan untuk setiap peserta liga yang dimainkan secara kandang dan tandang (home and away).
Kompetisi ini dibentuk oleh PSSI pada tahun 2008 sebagai perwujudan kompetisi profesional sepakbola pertama di Indonesia, yang sebelumnya hanya berkompetisi secara amatir dan masih mengandalkan APBD sebagai modal berkompetisi. Sebanyak 32 klub telah berpartisipasi sejak musim perdananya pada tahun 2008 dan lima diantaranya pernah menjadi juara, yaitu Persipura Jayapura (2008-092010-112013), Arema FC (2009-10), Sriwijaya FC (2011-12), Persib Bandung (2014), dan Bhayangkara FC(2017).

SejarahSunting

Logo Liga Super Indonesia (2008-2015)

AsalSunting

Ide dari pelaksanaan sistem liga ini telah dikemukakan sejak tahun 2007 sebagai upaya mewujudkan profesionalisme dalam persepak-bolaan nasional. Alasan lainnya adalah karena format Liga Indonesia pada tahun 2007 yang kurang adil, berlangsung secara sistem setengah kompetisi. Sistem ini menyebabkan tingginya tingkat ketegangan pertandingan dan sangat berpotensi memicu kerusuhan. Alasan terakhir adalah karena terlalu banyak tim peserta (36 tim).

PembentukanSunting

Liga Super Indonesia pertama kali diselenggarakan pada tahun 2008. Kompetisi ini dilaksanakan untuk mengikuti persyaratan FIFA yang menyatakan bahwa liga teratas dari suatu negara harus diikuti oleh paling sedikit 18 klub dan setiap klub diharapkan merupakan klub profesional tanpa dibantu dana subsidi Pemerintah APBD.
Tahun 2017, kompetisi sepakbola profesional tertinggi di Indonesia ini berganti nama menjadi Liga 1 di bawah kepemimpinan ketua PSSI yang baru, Edy Rahmayadi.
Sejak tahun 2018,perusahaan traveloka tidak lagi menjadi sponsor liga 1,tepatnya sehari sebelum kick off di mulai.Namun sebagai gantinya,bukalapak akhirnya menjadi sponsor liga 1 menggantikan traveloka.

Format kompetisiSunting

KlubSunting

Riwayat KompetisiSunting

PenghargaanSunting

Sunting

Televisi PenyiarSunting

ReferensiSunting

Pranala luarSunting

No comments:

Post Top Ad

LightBlog

Pages